Minggu, 26 Oktober 2008

WAKA I BIDANG KURIKULUM

NAMA : Sakirman, M.Si
NIP : 19670301 199703 1 002
Pangkat/Golongn : Pembina / IV.a

Tugas Pokok :

Wakil Kepala Sekoah Bidang Kurikulum

1. Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
2. Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran
3. Mengatur penyusunan program pengajaran ( program semester ) , Program satuan Pelajaran dan persiapan mengajar penjabaran dan penyesuian kurikuklum
4. Mengatur pelaksanaan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler
5. Mengatur Program penilaian kriteria kenaikan kelas, Kriteria kelulusan dan laporan kemajuan belajar siswa serta pembagian raport dan STTB
6. Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengajaran
7. Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
8. Menagtur pengembangan MGMP dan koordinator mata pelajaran
9. Mengatur mutasi siswa
10. Melakukan supervisi administrasi dan akademis
11. Menyusun Laporan
KTSP :
BAB I
PENDAHULUAN

A. Rasional

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) mengamanatkan bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang mengacu pada standar nasional pendidikan dimaksudkan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Untuk memenuhi amanat Undang-undang tersebut di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan nasional pada umumnya, serta tujuan pendidikan sekolah pada khususnya, MAN Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah memandang perlu untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Melalui KTSP ini Madrasah dapat melaksanakan program pendidikannya sesuai dengan karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik. Untuk itu, dalam pengembangannya melibatkan seluruh warga sekolah dengan berkoordinasi kepada pemangku kepentingan di lingkungan sekitar sekolah.
Kurikulum dikembangkan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan ( SNP ) untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk :
(a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Allah SWT,
(b) belajar untuk memahami dan menghayati,
(c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara
efektif,
(d) belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain,
(e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui
proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Komponen KTSP terdiri dari:
(a) Tujuan Pendidikan Sekolah/Madrasah
(b) Struktur dan Muatan Kurikulum
(c) Kalender Pendidikan
(d) Silabus
(e) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
B. Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah
Kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di Madrasah. Madrasah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut:
(1) Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,
(2) Globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat,
(3) Era informasi,
(4) Pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia,
(5) Berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan,
(6) Dan era perdagangan bebas.
Tantangan sekaligus peluang itu harus direspon oleh sekolah kami, sehingga visi Madrasah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil Madrasah yang diinginkan di masa datang. Namun demikian, visi sekolah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional. Visi juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan (1) potensi yang dimiliki Madrasah, (2) harapan masyarakat yang dilayani sekolah/madrasah.
Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait (stakeholders) bermusyawarah, sehingga visi sekolah mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya.
Visi pada umumnya dirumuskan dengan kalimat: (1) filosofis, (2) khas, (3) mudah diingat. Berikut ini merupakan visi yang dirumuskan oleh Madrasah kami, Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat.

VISI MAN LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Berprestasi, beriman, berbudaya, bersaing secara global dan berwawasan     lingkungan
Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita Madrasah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masayarakat.
Kami memilih visi ini untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini menjiwai warga Madrasah kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan Madrasah.
Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita Madrasah yang :
1. Taat melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agama Islam
2. Berbudi luhur dan berakhlak mulia
3. Berkepribadian Indonesia
4. Dapat menyelesaikan pendidikan dalam jangka waktu minimal dengan hasil yang  sangat baik.
5. Dapat diterima di Perguruan Tinggi yang terakreditasi baik di dalam ataupun di luar negeri
6. Dapat bersaing secara positif di bidang ilmu pengetahuan dan keterampilan lain
7. Dapat mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan era globalisasi
8. Menciptakan hal-hal baru yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan
        9.Membudayakan K.9 ( Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan,       
        Kerindangan, Kesehatan, Keterbukaan, Keteladanan )
Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas.

Misi MAN Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman




Di setiap kerja komunitas pendidikan, kami selalu menumbuhkan disiplin sesuai aturan bidang kerja masing-masing, saling menghormati dan saling percaya dan tetap menjaga hubungan kerja yang harmonis dengan berdasarkan pelayanan prima, kerjasama, dan silaturahmi. Penjabaran misi di atas meliputi:

1. Menciptakan out put peserta didik (lulusan) yang mampu maju berkelanjutan dengan jati diri beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, berbudi pekerti tulus, berdisiplin, memiliki pengetahuan dan keterampilan yang ditopang oleh jasmani dan rohani yang sehat berkepribadian mantap dan bertanggung jawab.
2. Merekrut dan membina tenaga profesional yang berkompetensi
3. Melengkapi sarana dan prasarana PBM
4. Menciptakan suasana yang Islami dan penuh nilai-nilai keimanan
5. Membekali peserta didik  dengan pengetahuan vokasional sebagai modal dasar untuk terjun ke masyarakat
6. Menyelenggarakan pelajaran tambahan
7. Selalu meningkatkan kinerja sekolah melalui perbaikan peningkatan dan pengembangan kualitas proses pendidikan
8. Mewujudkan lingkungan belajar yang indah, tertib, sejuk dan nyaman.
9. Mewujudkan sekolah sehat, bersih dan rapi
10.  Membudayakan 9.K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kerindangan, Kesehatan, Keterbukaan, Keteladanan)  
11. Mewujudkan pusat sumber  belajar yang representatif dan inovatif


Misi merupakan kegiatan jangka panjang yang masih perlu diuraikan menjadi beberapa kegiatan yang memiliki tujuan lebih detil dan lebih jelas. Berikut ini jabaran tujuan yang diuraikan dari visi dan misi di atas.

Tujuan MAN Lubuk Alung
1.  SASARAN MUTU

a.  Tingkat kelulusan siswa pada Ujian Nasional 100% dengan Nilai rata-rata   ≥ 7,00 Melahirkan siswa yang memiliki talenta secara akademis dan non akademis.
b.  Memiliki kelompok pengembangan diri/Extra Kurikuler Science yang mampu menjadi juara nantinya.
c.   Siswa tamatan melanjutkan ke perguruan tinggi negeri ( PTN )
d.  Menciptakan lingkungan sekolah bebas dari asap rokok, bebas narkoba, bebas dari kekerasan, dan bebas dari coret-moret.
e.  Menciptakan siswa yang santun dan berakhlak mulia
f.    Menjadi sekolah bernuansa Islam
g.  Memiliki sarana prasarana yang memadai sesuai standar nasional
h.  Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak tentang inovasi pendidikan melalui stakeholder pendidikan.

2.  KEBIJAKAN MUTU
        MAN Lubuk Alung sebagai instansi yang bergerak dalam bidang jasa pendidikan, dengan ini Kami Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Majelis Guru dan Seluruh  Pegawai MAN Lubuk Alung bertekad untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan prima kepada siswa untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi serta memberikan konstribusi terhadap program Pemerintah dengan cara sebagai berikut
a.  Melaksanakan PBM dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan siswa MAN.
b.  Menerapkan dan mengutamakan sistem pendidikan yang bermutu bertaraf nasional sehingga dapat mempersiapkan siswa ke jenjang perguruan tinggi.
c.   Memberikan pelayanan yang terbaik bagi siswa dalam proses belajar mengajar
d.  Mematuhi dan melaksanakan peraturan yang berlaku baik lokal maupun nasional terutama di bidang pendidikan.
e.  Mewujudkan sekolah bebas narkoba, bebas rokok, bebas corat-coret dan bebas kekerasan.
f.    Mengutamakan prestasi kerja berlandaskan kekeluargaan dan keteladanan.
g.  Melahirkan siswa yang berakhlak mulia.
h.  Menciptakan sekolah bernuansa lingkungan sehat ( green school ).
i.    Melengkapi sarana dan prasarana yang menunjang Proses Belajar Mengajar.
j.    Melakukan inovasi dan perbaikan yang berkesinambungan untuk meningkatkan mutu dan kemajuan sekolah khususnya, kemajuan pendidikan umumnya.
        Tujuan sekolah merupakan jabaran dari tujuan pendidikan nasional untuk meningkatkan kecerdasan , pengetahuan , kepribadian , akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut  ditindak lanjuti dengan strategi pelaksanaan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah sebagai berikut :
1.   Melakukan pembinaan pada peserta didik, guru dan karyawan secara periodik serta bekesinambungan.
2.   Melaksanakan jam tambahan, pada mata pelajaran tertentu,terutama mata pelajaran yang diuji secara nasional.
3.   Memulai pelajaran didahului dengan pembacaan salam, berdoa dan pembacaan Asmaulhusna.dan di akhiri dengan pembacaan Hamdallah.
4.   Menjalin komunikasi yang baik dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Pariaman.
5.   Menciptakan  dan meningkatkan bidang layanan mutu, yang menyangkut kepentingan proses persiapan, penyelengaraan dan hasil prestasi pendidikan bagi kepentingan siswa dan stakeholders.
6.   Menciptakan dan melaksanakan bidang pengelolaan dan layanan kepada siswa dalam kegiatan belajar, perkembangan dan pembinaan kepribadian serta kebutuhan manusia ( rasa aman,penghargaan, pengakuan dan aktualisasi diri )
7.   Mengoptimalkan potensi sarana dan prasarana yang mencakup gedung, lahan dan media pembelajaran.
8.   Melaksanakan program pemberdayaan partisipasi masyarakat sekolah seperti orang tua siswa maupun tokoh masyarakat setempat, melalui wadah organisasi Komite sekolah.
9.   Menciptakan budaya sekolah yang meliputi tatanan nilai, kebiasaan, kesepakatan-kesepakatan yang direfleksikan sehari-hari terutama budaya Minang.

          Untuk mencapai amanat Undang-Undang tersebut  dan guna mencapai  tujuan pendidikan nasional pada umumnya, serta tujuan pendidikan sekolah pada khususnya, MAN Lubuk Alung sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah atas memandang perlu untuk mengembangkan kurikulum di lingkungan sendiri  guna mendukung penjaminan dan pengendalian mutu lulusan MAN Lubuk Alung melalui penguasaan kompetensi yang telah ditetapkan dengan prinsip:
1.  Berpusat pada potensi perkembangan kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungan
2.  Beragam dan terpadu
3.  Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan , teknologi dan seni
4.  Relevan dengan kebutuhan kehidupan
5.  Menyeluruh dan berkesinambungan
6.  Belajar sepanjang hayat
7.  Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah


A.   Struktur Kurikulum MAN Lubuk Alung
Struktur kurikulum MAN Lubuk Alung  memuat kelompok mata pelajaran sebagai berikut ini:
a. kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
b. kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
c. kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
d. kelompok mata pelajaran estetika;
e. kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.
Masing-masing kelompok mata pelajaran tersebut di implementasikan dalam kegiatan pembelajaran pada setiap mata pelajaran secara menyeluruh. Dengan demikian, cakupan dari masing-masing kelompok itu dapat diwujudkan melalui mata pelajaran yang relevan. Cakupan setiap kelompok mata pelajaran adalah sebagai berikut:
No
KELOMPOK MATA PELAJARAN
CAKUPAN
1.
Agama dan Akhlak Mulia

Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
2.
Kewarganegaraan dan Kepribadian

Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme
3.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMA/MA dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.

4.
Estetika

Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.

5.
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMA/MA dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup sehat.
Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.


Struktur kurikulum  di MAN Lubuk Alung disusun berdasarkan standar kompetensi kelulusan dan standar kompetensi mata pelajaran yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Sekolah atas persetujuan Komite Sekolah dan memperhatikan keterbatasan sarana belajar serta minat peserta didik, menetapkan pengelolaan kelas sebagai berikut ini.
1) MAN Lubuk Alung menerapkan sistem paket. Peserta didik mengikuti pembelajaran sesuai   dengan yang telah diprogramkan .
       2) Jumlah rombongan belajar berjumlah 17 (tujuh belas) rombongan belajar
     Kelas X   : 6 Rombongan Belajar
     Kelas XI  : 6 Rombongan Belajar
     Kelas XII : 5 Rombongan Belajar
3) Kelas X merupakan program umum yang diikuti oleh seluruh peserta didik
4) Kelas XI dan XII merupakan program penjurusan yang terdiri atas:
    - Program Ilmu Pengetahuan Alam Kelas XI  2 rombongan belajar
    - Program Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas XI  2 rombongan belajar
    - Program Ilmu Agama Islam Kelas XI  2 rombongan belajar
    - Program Ilmu Pengetahuan Alam Kelas XI I 2 rombongan belajar
    - Program Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas XII 1 rombongan belajar
    - Program Ilmu Agama Islam Kelas XII 2 rombongan belajar

 Struktur Kurikulum Kelas X
1) Kurikulum Kelas X terdiri atas:
    - 20 mata pelajaran,
    - muatan lokal : Praktek Ibadah
    - program pengembangan diri.
2) Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.

Struktur Kurikulum Kelas XI
1) Kurikulum Kelas XI Program IPA dan Program IPS, terdiri atas:
    - 17 mata pelajaran,
    - muatan lokal : Praktek Ibadah
    - program pengembangan diri.
2) Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.

 Struktur Kurikulum Kelas XII
1) Kurikulum Kelas XII Program IPA dan Program IPS, terdiri atas:
    - 17 mata pelajaran,
    - muatan lokal : Praktek Ibadah
    - program pengembangan diri.
2) Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 45 menit.

STRUKTUR DAN MUATAN  KURIKULUM        TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN



A.      Struktur Kurikulum Satuan Pendidikan

Struktur kurikulum MAN Lubuk Alung meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas X sampai dengan Kelas XII. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.
Muatan Kurikulum MAN Lubuk Alung meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ditetapkan oleh BSNP, muatan lokal yang dikembangkan oleh sekolah, kegiatan pengembangan diri dan Pelajaran Tambahan. 
1.  Mata Pelajaran
Mata pelajaran yang diajarkan di MAN Lubuk Alung mulai kelas X, XI dan XII ada sebanyak 24 mata pelajaran dengan rincian sebagai berikut: 1) Al qur’an Hadts, 2) fiqih, 3) SKI, 4) Aqidah Akhlak, 5) tafsir, 6) Ilmu Kalam, 7) Praktek Ibadah, 8) Pendidikan Kewarganegaraan, 9) Bahasa Indonesia, 10) Bahasa Inggris, 11) matematika, 12) Fisika, 13) Kimia, 14) Biologi, 15) Sosisologi, 16) sejarah, 17) ekonomi, 18) geografi, 19) seni dan budaya, 20) , 21) olah raga dan kesehatan, 22) Teknologi Informasi dan Komunikasi, 23) Bahasa Arab, 24) Keterampilan.

Pembelajaran setiap mata pelajaran dilaksanakan dalam suasana yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat antara peserta didik dan pendidik.

Metode pembelajaran diarahkan berpusat pada peserta didik. Guru sebagai fasilitator mendorong peserta didik agar mampu belajar secara aktif, baik fisik maupun mental. Selain itu, dalam pencapaian setiap kompetensi pada masing-masing mata pelajaran diberikan secara kontekstual dengan memperhatikan perkembangan kekinian dari berbagai aspek kehidupan.    

Pengorganisasian kelas-kelas dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelas X merupakan program umum yang diikuti oleh seluruh peserta  didik, dan kelas XI dan XII merupakan program penjurusan yang terdiri atas tiga program: (1) Program Ilmu Pengetahuan Alam, (2) Program Ilmu Pengetahuan Sosial. (3) Program Ilmu Agama Islam.
a. Kurikulum  Kelas X
1. Kurikulum Kelas X terdiri atas :
a.    20 mata pelajaran,
b.    Muatan lokal,
c.    Pengembangan diri
d.    Pelajaran Tambahan seperti tertera pada Tabel 1.
2. Jam pembelajaran untuk mata pelajaran Sejarah dan geografi mengalami penambahan jam masing-masing 2 jam pelajaran. Hal ini disebabkan sesuai dengan analisis pemetaan SK dan KD mata pelajaran tersebut.
3. Alokasi Waktu untuk setiap mata pelajaran satu jam adalah 45 menit. Jam Pembelajaran untuk setiap mata pelajaran seperti pada tabel 4.
            4. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 45-49 minggu.
           Struktur kurikulum  Kelas X disajikan pada Tabel 1

Tabel 1  Struktur Kurikulum  Kelas X
Komponen
Alokasi Waktu
Semester 1
Semester 2
A.   Mata Pelajaran


1. Pendidikan Agama


a.     Alquran Hadits
2
2
b.    Fiqih
2
2
c.     Akidah Akhlak
2
2
2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
3. Bahasa  Indonesia
4
4
4. Bahasa Inggris
4
4
5. Matematika
4
4
6. Fisika
3
3
7. Biologi
3
3
8. Kimia
3
3
9. Sejarah (1)
2
2
10. Geografi (1)
2
2
11. Ekonomi
3
3
12. Sosiologi
2
2
13. Seni Budaya
2
2
14. Pend. Jasmani, O.R & Kesehatan
2
2
15. Teknologi Informasi dan Komunikasi 
2
2
 16. Bahasa Arab
2
2
17. Keterampilan
2
2
17. Muatan Lokal  (Praktek Ibadah)
2
2
18. Pengembangan Diri
  Pramuka
  Bimbingan Konseling
  Pembinaan Oliampiade Sains
  Pembinaan Olimpiade Olah Raga
  Paduan Suara
2*)
2*)
Jumlah
50
50
                  2*)  Ekuivalen 2 jam pembelajaran


b. Kurikulum Kelas XI dan XII
1)  Kurikulum MA Kelas XI dan XII Program IPA, Program IPS,dan Program IAI  terdiri atas 17 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri. Kurikulum tersebut secara berturut-turut disajikan pada Tabel 5, 6, 7, dan 8.
2)  Jam pembelajaran untuk mata pelajaran Sejarah (IPA) dan Ekonomi (IPS) mengalami penambahan jam sebanyak 1 jam pelajaran. Hal ini disebabkan sesuai dengan analisis SK dan KD mata pelajaran tersebut.
3) Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan  sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Alokasi waktu satu jam  pembelajaran adalah 45 menit.
3)        Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.
          Tabel 2. Struktur Kurikulum Kelas XI dan XII program IPA

Komponen
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
A.   Mata Pelajaran




1. Pendidikan Agama
2
2
2
2
a.     Alquran Hadits
2
2
2
2
b.    Fiqih
2
2
2
2
c.     Akidah Akhlak
2
2
2
2
d.    Sejarah Kebudayaan Islam
2
2
2
2
2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
3. Bahasa Indonesia
4
4
4
4
4. Bahasa Inggris
4
4
4
4
5. Matematika
5
5
5
5
6. Fisika
5
5
5
5
7. Kimia
5
5
5
5
8. Biologi
5
5
5
5
9. Sejarah (1)
1
1
1
1
10. Seni Budaya
2
2
2
2
11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
12. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
13. Bahasa Arab
2
2
2
2
14. Muatan Lokal  (Praktek Ibadah)
1
1
1
1
15.Keterampilan




16.  Pengembangan Diri
Pramuka
Bimbingan Konseling
Kreativitas Siswa
Tari (Modren Dance)
Pembinaan OOSN
Paduan Suara
Kontes Bahasa Inggris
2*)
2*)
2*)
2*)
Jumlah
50
50
50
50
2*)  Ekuivalen 2 jam pembelajaran
         


Tabel 3. Struktur Kurikulum Kelas XI dan XII program IPS
Komponen
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
1. Pendidikan Agama
2
2
2
2
a.     Alquran Hadits
2
2
2
2
b.    Fiqih
2
2
2
2
c.     Akidah Akhlak
2
2
2
2
d.    Sejarah Kebudayaan Islam
2
2
2
2
2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
3. Bahasa Indonesia
4
4
4
4
4. Bahasa Inggris
4
4
4
4
5. Matematika
5
5
5
5
6. Sejarah
3
3
3
3
7. Geografi
3
3
3
3
8. Ekonomi (4)
5
5
5
5
9. Sosiologi
5
5
5
5
10. Seni Budaya
2
2
2
2
11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
12. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
13.  Bahasa Arab
2
2
2
2
14. Muatan Lokal  (Pendidikan Al Quran)
2
2
2
2
16.




15.  Pengembangan Diri
Pramuka
Bimbingan Konseling
Kreativitas Siswa
Tari (Modren Dance)
Pembinaan OOSN
Paduan Suara
Kontes Bahasa Inggris
2*)
2*)
2*)
2*)
Jumlah
40
40
40
40
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran

Tabel 4. Struktur Kurikulum Kelas XI dan XII Program IAI
Komponen
Alokasi Waktu
Kelas XI
Kelas XII
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
1. Pendidikan Agama




a.     Alquran Hadits




b.    Fiqih
4
4
4
4
c.     Akidah Akhlak
3
3
3
3
d.    Sejarah Kebudayaan Islam
2
2
2
2
2. Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
3. Bahasa Indonesia
4
4
4
4
4. Bahasa Inggris
4
4
4
4
5. Matematika
5
5
5
5
6. Ilmu Kalam
3
3
3
3
7. Ilmu Hadits
5
5
5
5
8. Tafsir
5
5
5
5
9. Sosiologi
5
5
5
5
10. Seni Budaya
2
2
2
2
11. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
2
12. Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
2
13.  Bahasa Arab
4
4
4
4
14. Muatan Lokal  (MKS)
1
1
1
1
15.Keterampilan
2
2
2
2
16.  Pengembangan Diri
Pramuka
Bimbingan Konseling
Kreativitas Siswa
Tari (Modren Dance)
Pembinaan OOSN
Paduan Suara
Kontes Bahasa Inggris
2*)
2*)
2*)
2*)
Jumlah
50
50
50
50
2*) Ekuivalen 2 jam pembelajaran



2.Program Muatan Lokal
Muatan Lokal Merupakan Kegiatan Kurikulum untuk Mengembangkan kompetensi yang di sesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah,termasuk keunggulan daerah,yang materinya tidak menjadi bagian dari mata pelajaran lain dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri.substansi muatan lokal di tentukan oleh satuan pendidikan .Muatan lokal merupakan mata pelajaran,sehingga satuan pendidikan mengembangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk setiap jenis muatan lokal yang di selenggarakan. satuan pendidikan dapat menyelenggarakan satu mata pelajaran lokal setiap satu tahun. MAN Lubuk Alung memberikan muatan lokal berdasarkan kebutuhan peserta didik.
Muatan lokal yang dikembangkan dan diajarkan di MAN Lubuk Alung  disusun berdasarkan analisa sumber daya sekolah dan kebutuhan siswa adalah Praktek Ibadah yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas X, kelas XI dan kelas XII  untuk tahun pelajaran 2012/2013.

       1. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Praktek Ibadah Tingkat  MA
        a. Latar Belakang
Kondisi dilapangan saat ini menggambarkan fenomena yang memprihatinkan, keadaan siswa MAN sebahagian besar belum mampu membaca al-Quran dengan fasih ,apalagi untuk memahami dan menghayati isi serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari.

      b. Pengertian
           Mata pelajaran Praktek Ibadah adalah pemberian pengetahuan serta bimbingan tentang membaca ,menulis, memahami ,menghayati dan mengamalkan kandungan al-Quran yang berhubungan dengan aqidah , ibadah dan akhlak .

      c. Tujuan
           Mata pelajaran Praktek Ibadah pada tingkat MA bertujuan :
1.            Meningkatkan kompetensi membaca,menulis, menterjemahkan ,menghapal,  memahami, menghayati isi al-Quran sebagai lanjutan dari tingkat pendidikan sebelumnya
2.            Meningkatkan rasa cinta terhadap al-Quran dan senang membacanya.
3.            Terbiasa mengamalkan isi al - Quran , baik berkenaan dengan akidah , ibadah  maupun akhlak
4.            Menghafal minimal surat pendek pilihan yang terdapat dalam Juz’Amma  dan ayat –ayat pilihan lainnya.
5.            Meningkatkan efektifitas baca tulis al-Quran dan pemahamannya    dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat

         d. Standar Kompetensi Lulusan

Standar Kompetensi Lulusan di tingkat MA adalah :

1.    Terbiasa dan fasih membaca al-Quran dengan irama muratal dan menulisnya dengan kaedah penulisan khath naskhi
2.    Memahami ilmu tajwid
3.    Memahami ilmu dasar
4.    Hafal 20 surat pendek pilihan dalam juz ‘amma dan beberapa ayat al-Quran  pilihan yang berhubungan dengan aqidah, ibadah dan akhlak
5.    Memahami isi 20 surat pendek pilihan dalam juz’amma dan beberapa ayat al-Quran pilihan
6.    Membiasakan ajaran aqidah, ibadah dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari.

B. Kegiatan Pengembangan Diri
     1.Program Layanan Konseling
- Layanan Orientasi
a.Visi misi sekolah
b. Pengenalan Personil sekolah
c. Pengenalan Fasilitas
d. Denah sekolah
e. Fasilitas belajar di sekolah
f. Pengenalan Tata tertib sekolah

   Strategi pelaksanaan program
1.  Peserta didik dapat memahami visi dan misi sekolah
2.  Peserta didik dapat mengenal personil yang ada di sekolah
3.  Peserta didik dapat memanfaatkan berbagai fasilitas
4.  Peserta didik mengetahui denah sekolah dengan baik
5.  Peserta didik mengetahui fasilitas belajar di sekolah
6.  Peserta didik dapat memahami dan mematuhi tata tertib di sekolah
7.  Peserta didik dapat memahami stuktur kurikulum yang hendak dijalaninya dan menyesuaikan diri dengan tuntutan belajar sesuai kurikulum
-Layanan Informasi
    1. Proses belajar di MAN Lubuk Alung
    2. Bimbingan dan konseling
    3. Analisis daftar cek masalah
    4. Hubungan peserta didik dengan guru dan teman
    5. Dampak positif dan negative internet (internet sehat)
    6. Multi kecerdasan
    7. Bakat dan Minat
h.   Hasil tes IQ
i.     Persiapan ujian
j.      Sikap dan kebiasaan belajar
k.    Hasil sosiometri
l.    Pribadi yang menyenangkan
m. Pergaulan remaja
n.   Informasi penjurusan
o.    Berbuat baik pada orangtua
p.    Psikologi remaja
q.    Tahap-tahap masa remaja
r.     Ciri-ciri remaja
s.    Tugas-tugas perkembangan remaja
t.     Prinsip belajar
u.   Kebiasaan belajar
v.    Hambatan dalam belajar
w.   Informasi perguruan tinggi
x.    Informasi karir/pekerjaan
y.    Persiapan ujian


-Strategi Pelaksanaan Program
1.Peserta didik mengetahui proses belajar di MAN Lubuk Alung
2.Peserta didik dapat memahami seluk-beluk dan cara pemanfaatan pelayanan BK bagi    perkembangan potensi dirinya
3. Peserta didik dapat mengetahui dan memahami permasalahan yang dihadapinya serta mampu berusaha mengentaskannya
4. Peserta didik dapat menjalin hubungan yang baik dengan guru dan teman
5. Peserta didik dapat memahami penggunaan internet yang sehat
6. Peserta didik dapat mengenal multi kecerdasan yang dimilkinya dan memanfaatkannya untuk kesuksesan belajar
7. Peserta didik dapat mengenal bakat dan minat yang dimilikinya dan memanfaatkannya untuk kesuksesan belajar
8. Peserta didik dapat mengetahui IQ yang dimilikinya dan memanfaatkannya untuk kesuksesan belajar
9. Peserta didik dapat  mempersiapkan diri dengan baik menghadapi ujian
10. Peserta didik dapat  menerapkan sikap dan kebiasaan belajar yang efektif untuk kesusksesan belajar
11. Peserta didik dapat mengetahui kondisi hubungan sosialnya dengan teman sekelas dan memanfaatkannya untuk kesuksesan belajar
12. Peserta didik dapat menjadi pribadi yang menyenagkan
13. Peserta didik dapat bergaul sesuai norma dan aturan
14. Peserta didik dapat memahami jurusan yang sesuai 
15. Peserta didik dapat berbuiat baik pada orang tua
16. Peserta didik dapat memahami karakteristik psikologi remaja.
17. Peserta didik dapat memahami tahap-tahap masa remaja
18. Peserta didik dapat memahami ciri-ciri remaja
19. Peserta didik dapat memahami tugas-tugas perkembangan mereka
20. Peserta didik dapat memahami prinsip-prinsip belajar dan memanfaatkannya untuk kesuksesan belajar
21. Peserta didik dapat memahami kebiasaan belajar yang positif dan memanfaatkannya untuk kesuksesan belajar
22. Peserta didik dapat memahami hambatan yang dialaminya dalam belajar dan berusaha untuk meengatasinya
23. Peserta didik dapat memahami tentang perguruan tinggi (sebagai pendidikan lanjutan setelah SMA/ MA)
24. Peserta didik dapat memahami karir/ pekerjaan yang akan ditekuninya di masa depan
25. Peserta didik dapat mempersiapkan diri menghadapi ujian

-Layanan Penempatan dan Penyaluran
  a. Penempatan di kelas baru
  b. Penempatan dalam kelompok belajar
  c. Penempatan pada jurusan IPA , IPS dan IAI
  d. Penempatan dalam Ekskul

-Strategi Pelaksanaan Program
1.Kelancaran proses Belajar Mengajar/ PBM
2. Peserta didik dapat menempatkan diri sesuai dengan kelompok belajarnya
3. Peserta didik dapat menenmpatkan diri pada jurusan IPA/IPS/IAI
4. Peserta didik dapat menempatkan diri pada ekskul

- Layanan Peguasaan Konten
  a. Pembentukan Kelompok Belajar
  b. Mengembangkan kebiasaan Belajar
  c. Evaluasi kegiatan ramadhan
  d. Pemahaman Diri
  e. Penggunaan waktu senggang
  f. Gaya Belajar
  g. Latihan Konsentrasi
  h. Remaja dan rokok
   i.Sikap positif sebagai seorang remaja
   j. Manajemen stress
   k. Kerjasama team
   l. Syukur nikmat
  m. Komunikasi efektif
   n. Cara belajar efektif
   o. Kejenuhan belajar
   p. Mengatasi kesulitan belajar
   q. Menyusun jadwal kegiatan sehari-hari
    r. Motivasi berprestasi
    s. Evaluasi diri
    t. Evaluasi hasil belajar
    u. Mengambil keputusan menentukan jurusan

-Strategi Pelaksanaan Program
1. Membiasakan tutor sebaya dan membangun kebersamaan
2. Meningkatkan kebiasaan kedisiplinan belajar mandiri dan mencapai kompetensi dalam pembelajaran
3. Peserta didik dapat  mengevaluasi kegiatannya selama ramadhan
4. Peserta didik dapat menyusun jadwal kegiatan sehari-hari
5. Peserta didik dapat siapa memahami diri pribadinya
6. Peserta didik dapat memanfaatkan waktu senggang secara efektif
7. Peserta didik dapat memahami dan menggunakan gaya belajar yang dimilki untuk kesuksesan belajar
8. Peserta didik dapat melatih konsentrasinya untuk kesuksesan belajar
9. Peserta didik mengetahui tentang rokok dan bahayanya
10. Peserta didik mengetahui sikap positif sebagai seorang remaja
11. Peserta didik mampu memiiliki keterampilan dalam memamajemen stress
12. Peserta didik mampu bekerjasama secara team
13. Peserta didik mampu memiliki rasa syukur nikmat
14. Peserta didik memiliki ketrampilan dalam berkomunikasi secara efektif
15. Peserta didik mengetahui cara belajar yang efektif
16. Peserta didik dapat menghindari kejenuhan dalam belajar
17. Peserta didik mampu mengetasi kesulitan belajar
18. Peserta didik mampu menyusun jadwal kegiatan sehari-hari
19. Peserta didik memiliki motivasi berprestasi
20. Peserta didik mampu mengevaluasi diri
21. Peserta didik mampu mengevaluasi diri dalam belajar
22. Peserta didik mampu mengambil keputusan menentukan jurusan

- Layanan Konseling Perorangan

-Strategi Pelaksanaan Program
Peserta didik dapat mengembangkan potensi diri untuk mengentaskan permasalahan yang dihadapinya
- Layanan Bimbingan Kelompok
- Program Layanan
  a.Topik bebas
  b.Topik tugas
     - Rencana setelah diterima di MAN Lubuk Alung
     - Korupsi
     - Perekrutan pengikut NII
     - Cara belajar efektif
     - Rencana masa depan

-Strategi Pelaksanaan Program
            1.Peserta didik dapat mengapresiasikan pendapat, fikiran, ide-ide terkait topik yang dibahas
            2.Peserta didik mampu mengembangkan kemampuan, minat dan bakat yg dimiliki
            3.Peserta didik dapat memperoleh pengetahuan baru terkait topic



 - Layanan Konseling Kelompok
-Strategi Pelaksanaan Program
            1. Peserta didik dapat memahami dan mengentaskan permasalahan yang   
               dialami
            2. Peserta didik dapat mengapresiasikan pendapat,fikiran,ide terkait topik yg
                dibahas
            3. Peserta didik mampu mengembangkan kemampuan, minat dan bakat yang  
                dimiliki

- Layanan Konsultasi
-Strategi Pelaksanaan Program
  Konsultasi dengan potensi yang dimiliki dapat membantu klien (peserta didik) mengentaskan perrmasalahan yang dihadapi

  - Layanan Mediasi
           
2.Ektra Kurikuler
1. Pengembangan diri diarahkan untuk pengembangan bakat peserta didik yang ditujukan untuk mengatasi persoalan dirinya, persoalan masyarakat di lingkungan sekitarnya, dan persoalan kebangsaan.
    Sekolah memfasilitasi kegiatan pengembangan diri seperti berikut ini.
1.    Pengembangan diri yang dilaksanakan Setiap hari Jum’at dari pukul 14.00 sampai dengan  pukul 17 .00 WIB.
2.    Bimbingan Konseling,mencakup hal-hal yang berkenaan dengan pribadi, kemasyarakatan, belajar, dan karier peserta didik.

            Bimbingan Konseling diasuh oleh guru yang ditugaskan sedangkan pengembangan diri  dilaksanakan sebagian besar di luar kelas (ekstrakurikuler) diasuh oleh guru pembina. Pengembangan diri yang ada di MAN Lubuk Alung  yaitu:
a.    Paskibra
b.    Pramuka
c.    Tenis meja
d.    Seni budaya
e.    Palang Merah Remaja (PMR)
f.     Volley
g.    KIR
h.    Madding
i.      Basket
j.      English club
k.    Biologi
l.      Kimia
m.   Matematika
n.    Fisika
o.    Ekonomi
p.    komputer
q.    Tari

 Kegiatan pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri di MAN Lubuk Alung diwujudkan dalam bentuk;
a.  Pengenalan potensi diri. ( penyajian materi terjadwal ) dua jam tatap      muka dalam proses belajar mengajar di kelas.
b.  Pelatihan pengembangan potensi diri yang diberikan oleh guru / pelatih  sesuai dengan potensi yang perlu di kembangkan pada peserta didik di bidang agama , seni , olah raga dan sains.
c.   Peningkatan potensi diri melalui kegiatan extrakurikuler ( dilaksanakan di luar proses belajar mengajar yaitu pada hari Jum’at sesudah PBM dan hari lainya apabila dibutuhkan diasuh oleh guru pembina. Bidang extrakurikuler yang ditingkatkan potensinya antara lain ; Seni (Aubade,Tari,musik,teater), Bola Kaki, Basket,Badminton,Karate,Bimbingan Kelompok, Silat,  PBB, PMR, KIR, Mading, Tapak suci,English club, danPramuka.

     Jenis Kegiatan, Mekanisme dan Strategi Pelaksanaannya sebagai berikut :

No
Jenis kegiatan
Mekanisme
Strategi Pelaksanaan
1
Basket
-Latihan Rutin
-mengikuti Lomba
Latihan rutin 2x seminggu ( Jumat & Minggu) di lapangan Basket sekolah
2
PBB
-Melaksanakan penaikan  dan penurunan Bendera Merah Putih setiap pagi dan sore.
-latihan rutin setiap hari Sabtu
-Mengikuti latihan gabungan  dengan KORPS atau lat.diluar sekolah
-Mengikuti lomba.
Dilakukan dilapangan Upacara MAN Lubuk Alung setiap hari Sabtu, didampingi oleh   pembina PBB
3
Mading
-Penyusunan struktur kepengerusan mading MAN Lubuk Alung
-Menerbitkan mading tiap minggu
-Melengkapi atribut keanggotaan mading
-Mengadakan acara pelatihan jurnalistik
-Mengadakan lomba Mading antar kelas se-MAN Lubuk Alung
-Mengikuti lomba di luar sekolah
- belum  terlaksana
-Kamis mengumpulkan artikel, jum’at mengedit tulisan, sabtu menerbitkan mading
-Direncanakan awal semester I
-Direncanakan pertengahan semester I
-Direncanakan pertengahan semester I




7
Sepak bola
- Penyusunan struktur kepengurusan sepak bola MAN Lubuk Alung
- Latihan rutin, berupa:
        - Latihan fisik
        - latihan teknik
- Mengikuti lomba
- Untuk sepak bola latihan 1x seminggu (hari  Minggu) di lapangan bola di luar sekolah.


8
Silat
- Penyusunan struktur kepengurusan Cabang Tapak Suci MAN Lubuk Alung
- Latihan Rutin
- Mengikuti pertandingan

- Latihan rutin 1x seminggu  di Lapangan MAN Lubuk Alung




10

PMR

- Menyusun struktur kepengurusan PMR MAN Lubuk Alung
- Latihan rutin sekali seminggu
- Memberikan penjelasan tentang kesehatan-kesehatan
- mengikuti lomba


- jadwal pelatihan  rutin 1 x seminggu  di  MAN Lubuk Alung
- materi diberikan oleh pembina,pelatih,dan senior
- melakukan piket setiap upacara bendera

11
Seni Tari





Seni Musik





Seni Rupa




Melatih siswa tari daerah,dan modern dance.



Membina siwa dalam paduan suara,vokal group,marcing band,gitar.



Membina dan melatih siswa menggambar dan kaligrafi
- jadwal pelatihan  rutin 1 x seminggu di MAN Lubuk Alung
- materi diberikan oleh pembina,pelatih,dan senior
- jadwal pelatihan  rutin 1 x seminggu  di MAN Lubuk Alung
- materi diberikan oleh pembina,pelatih,dan senior
- jadwal pelatihan  rutin  1 x seminggu      
- materi diberikan oleh pembina.

12
Badminton
-Membina dan mengawasi siswa dalam latihan
-Mengikuti Lomba
- jadwal pelatihan  rutin 1 x seminggu  di MAN Lubuk Alung
- materi diberikan oleh pembina,pelatih,dan senior

14
Karate
-Membina dan mengawasi siswa latihan.
- Mengkuti Lomba

- jadwal pelatihan  rutin 1x seminggu di MAN Lubuk Alung
- materi diberikan oleh pembina,pelatih,dan senior

15
English Club
-Membina ,melatih dan mengawasi siswa
Dalam latihan tentang debat dalam bahasa Inggris
-Pengembangan kosa kata dengan cara-cara yang menarik seperti Games
-Latihan speach dalam konteks argumentatif
-Mengikuti lomba
- jadwal pelatihan  rutin 2 x seminggu ( selasa dan kamis di MAN Lubuk Alung
- materi diberikan oleh pembina,pelatih,dan senior


16
Tapak suci
-Membina dan mengawasi siswa latihan.
- Mengkuti Lomba

- jadwal pelatihan  rutin 1 x seminggu  di MAN Lubuk Alung
- materi diberikan oleh pembina,pelatih,dan senior

17
Pramuka
Gerakan pramuka menyelenggarakan berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan akhir proses pembinaan yaitu pembentukan watak. Sesuai dengan tujuan akhir tersebut, maka salah satu kegiatan bagi pramuka penegak dan pendega adalah Raimuna,Camping,Hiking, dan seperangkat pengetahuan kepramukaan lainnya.

- jadwal pelatihan  rutin 1 x seminggu    ( Jum’at) di MAN Lubuk Alung
- materi diberikan oleh pembina,pelatih,dan senior


Tidak ada komentar: